Broccoli against various diseases

Udang tumis brokoli
 Awalnya saya tidak ada perhatian terhadap jenis sayur ini Namun lantaran anak lelakiku mencak-mencak setelah bermain dengan teman-temannya gara-gara dia diejek dengan sebutan 'brokoli', maka saya cari beberapa sumber informasi akan khasiat brokoli untuk membombong hati anak lelakiku. Dan benar, disela-sela anak lelakiku belajar, kusodorkan artikel ini, dia tersenyum bangga, ternyata brokoli tidak sejelek yang dia bayangkan, banyak khasiatnya, keren lagi.

Nama Brokoli berasal dari nama Italia 'Brocco'.Sayuran ini berwarna hijau tua dan berasal dari kelompok crucifera yang masih bersaudara dengan kembang kol. Brokoli kaya akan kromium, yaitu senyawa yang dipercaya oleh para ahli dapat membantu mengurangi ketergantungan penderita DM pada insulin.

Brokoli mungkin bukan sayur favorit bagi banyak orang, terutama anak-anak tetapi memiliki sejumlah besar manfaat  untuk seluruh tubuh Anda. Brokoli merupakan salah satu sayuran terbaik yang dapat memerangi berbagai penyakit. Dengan kandungan vitamin yang tinggi itu maka brokoli ada didaftar sayuran paling bermanfaat. Diketahui bahwa brokoli memiliki vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk. Brokoli juga memiliki jumlah kalsium yang cukup signifikan.

Dengan begitu banyak vitamin dan mineral yang baik membantu brokoli untuk memerangi berbagai penyakit. Brokoli berisi komponen yang melawan penyakit mematikan seperti kanker. Brokoli muda (sprout) mengandung unsur untuk melawan kanker lebih kuat dibandingkan dengan brokoli yang tua. Makan brokoli secara teratur bisa mencegah kanker perut. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terserang radang lambung (gastritis) dan ulkus peptikum. Kulit Anda rusak karena matahari, anda bisa bernapas lega karena melindungi oleh brokoli. Brokoli menghambat perkembangan penyakit seperti kanker kulit. Penyakit jantung Anda berkurang dan kemungkinan serangan penyakit jantung juga kecil.Jika Anda ingin mengatasi masalah katarak, makan brokoli muda  sebanyak dua kali seminggu,maka kemungkinan Anda mengidap katarak akan berkurang. Brokoli membangun sistem kekebalan tubuh Anda jika Anda mengkonsumsi brokoli secara rutin. Brokoli juga sangat bermanfaat untuk wanita hamil karena mengandung banyak asam folat. Asam folat ini sangat langka oleh karena itu yang terkandung dalam brokoli menjadi sangat penting. Asam folat ini membantu dalam pengembangan yang tepat dari janin tanpa cacat. Hal ini sangat baik untuk membantu Anda yang mengidap penyakit rheumatoid arthritis. Kekayaan vitamin C pada brokoli menyelamatkan Anda dari penderitaan sakit oleh polyarthritis. Hal ini bagus untuk pasien asma karena anti-oksidan dan faktor anti-inflamasi. Banyak masalah asma Anda sembuh dengan sering mengkonsumsi brokoli. Kekurangan Vitamin C merupakan penyebab utama mudah memar dan kekurangan ini bisa diatasi dengan makan brokoli

Sejumlah brokoli rebus sangat baik untuk menurunkan rasa panas.Brokoli merupakan salah satu sumber serat yang dapat memperlambat kenaikan gula darah. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian terhadap 4 orang AS yang kadar gulanya diambang batas atas, setelah mengasup kromium,maka kadar gula darahnya menjadi normal. Ketika diteliti lebih lanjut dilaboratorium, ternyata kromium mampu mengikat insulin untuk memetabolisme glukosa. Selain itu kandungan serat pada brokoli mampu memperlambat pemecahan, pelepasan dan penyerapan gula sehingga kadar gula darah dalam tubuh tidak meningkat dengan drastis.

Bagi saya brokoli paling enak kalau dimasak udang tumis brokoli. Dan cocok untuk sarapan atau makan siang karena banyak mengandung kalori. Silahkan dicoba saja.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling