The Virgin Kuwaru Beach

Memang tidak ada pohon kelapa di tepi pantai Kuwaru, tetapi ratusan pohon cemara udang tumbuh dengan kokoh dan rindang di sana. Pohon-pohon inilah yang menjaga pantai Kuwaru dari terpaan angin yang menerjang.

Pantai Kuwaru terletak di Desa/Kalurahan Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini relatif belum lama dikenal orang tetapi mempunyai keunikan tersendiri dengan adanya pohon cemara udang yang rindang. Cemara ini memang sengaja di tanam oleh Pemda Bantul (Dinas Pertanian), setelah berkembang menjadi besar menjadi indah dan rindang seperti sekarang.


Pantai Kuwaru sangat panjang karena bersambung dengan pantai Pandansimo di sisi baratnya. Pokoknya sangat asyik untuk bermain kejar-kejaran, membuat patung dari pasir, sepedaan atau sewa motor roda empat. Saat ini sekitar pantai belum ada yang berjualan cangkokan cemara udang sebagai tanaman hias. Padahal cemara udang itu bisa dibuat bonsai dalam pot yang laku dijual dari Rp 50.000 sampai Rp 1,5 juta. Cemara bonsai yang berumur sekitar 5 tahun bisa seharga Rp 1,5 juta. Memang bonsai yang dibuat dari bibit jauh lebih mahal dibanding dengan dari cangkokan. Hayo siapa yang hendak mulai bisnis ini?

Perlu hati-hati kalau hendak mandi di pantai Kuwaru karena  disamping ombaknya besar dan ganas, juga dasar lautnya curam dan terjal serta banyak batu karang yang bisa menjepit kaki anda apabila anda terperosok ke dalamnya. Itulah sebabnya sering wisatawan hilang lenyap ke laut seolah dimakan Nyai Roro Kidul, penunggu dan penguasa laut selatan! Padahal jenazah mereka terjepit karang dan setelah beberapa hari membusuk terlepas dari jepitan karang dan terbawa arus yang deras terdampar jauh dari tempat mula kejadian. 

Sometimes the waves calm down, but someday malignant
The waves are not suitable for surfing
Dangerous to swim to the middle
The waves are not friends with anyone
We are concerned only if the waves rolled fierce

  "Cemara udang" trees, cool shade
Boulevard "Cemara" tree
Malignant surf fishermen conqueror
Mercusuar for fishermen

Swimming pool for children
Restaurants also are available
see

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling