Yogyakarta's Souvenirs And Gifts Centre

Aneka Kerajinan
1. Berbagai Kerajinan

Berbagai kerajinan tersedia di kawasan Malioboro. Kawasan ini tidak pernah tidur sepanjang hari. Malioboro adalah jalan utama di Yogyakarta yang merupakan pasar terpanjang dimana terdapat beraneka macam toko souvenir dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai kerajinan yang terbuat dari bathik, kulit,kain, perak, kayu dan sebagainya. Jika ingin membeli barang kerajinan anda jangan takut menawarnya hingga memperoleh harga yang wajar.
Bathik
2. Bathik

Bagi anda yang senang berbusana bathik,maka anda akan dimanjakan oleh berbagai jenis bathik di kawasan Jl Rotowijayan. Kawasan ini terletak di sebelah barat Kraton Yogyakarta. Ini adalah kawasan pusat perkulakan bathik. Namun tidak hanya bathik, di kawasan ini juga masih bisa dijumpai cinderamata lainnya, yaitu berupa handycraft dari kulit maupun dari kayu. Kebanyakan dipatok harga pas, tetapi tidak ada salahnya mencoba tawar-menawar.

Disamping itu masih ada juga kampung seni yang berada di kompleks Tamansari, yaitu Kampung Taman. Berbagai koleksi bathik baik berupa lukisan dan pakaian adat dapat ditemui di kampung ini. Wisatawan bisa melihat proses pembuatan bathik dan bahkan bisa kursus membathik di kampung ini.
3. Bunga Kering

Bunga Kering
 Kerajinan bunga kering pusatnya ada di Kampung Dukuh, Dongkelan, Bantul. Dari pojok beteng kulon ke arah selatan (jl Bantul) paling jauh 1 km sebelah kanan jalan, pokoknya sebelum perempatan Ringroad dengan Jl Bantul. Harga relatif sudah miring, kalaupun bisa ditawar biasanya hanya bisa turun sedikit. Dari barang yang boleh dikatakan sebagai limbah oleh tangan tangan terampil mereka diolah menjadi cinderamata yang indah.

4. Galeri bathik dan Seni

Toko Bathik
 Ini ada di sepanjang jalan Tirtodipuran. Letaknya dari pojok beteng wetan ke arah selatan lewat Jl Parangtritis, ada perempatan pertama belok kanan, itulah jl Tirtodipuran.Di sepanjang jalan ini banyak dijumpai galeri ataupun toko cinderamata yang menawarkan berbagai kerajinan dari bahan bathik baik pakaian, lukisan,napkin, taplak meja dan lain sebagainya. Selain itu pengunjung dapat juga melihat secara langsung proses pembuatan bathik di workshop yang khusus disediakan bagi pengunjung.

Bakpia
5. Bakpia

Bagi yang menginginkan makanan khas Yogyakarta untuk oleh-oleh dapat dengan mudah mendapatkannya disepanjang jl Pathuk. Di sepanjang jalan ini akan ditemui penjual berbagai makanan khas terutama bakpia, yang sangat terkenal dengan sebutan Bakpia Pathuk. Tip belanja yang bisa kami sarankan adalah parkir mobil/motor di depan toko kemudian jalan masuk kampung lewat gang kecil, beli bakpia di situ maka harganya bisa selisih 5 ribuan per dus. kalau di toko saat ini sekitar Rp 19 ribu,maka di dalam kampung bisa Rp 13 ribu, tetapi tanpa merek, toh rasanya sama juga karena toko yang di depan itu juga setoran dari kampung di situ.

Selain di kawasan Pathuk ada juga beberapa toko yang cukup besar di Jl Mataram, di sini tersedia berbagai makanan khas dengan harga pas.

6. Gudheg

Gudeg Yogya
Dari jaman dahulu kalau cari gudheg Yogya pergi saja di kawasan jl Wijilan. Letaknya di sebelah timur Kraton Yogyakarta. Timur alun-alun besar ada plengkung,masuk saja ke situ. Namun kalau tidak sempat kesitu tidak usah kawatir karena di berbagai sudut kota Yogyakarta, terutama di waktu pagi dan malam hari, banyak warung gudeg yang buka. Seperti di Barek, utara selokan Mataram di timur perempatan Jl Kaliurang Km 5,  Gudeg Kayu di seberang Hotel Saphir Jl Laksda Adisutjipto. Cuma harus hati-hati kalau beli di sepanjang jln Malioboro, tanya harga dahulu karena banyak pedagang yang nakal di situ, sering menaikkan harga seenak udelnya sendiri. 
7. Kerajinan Perak dan Kuningan

Anda selayaknya pergi ke daerah Kota Gedhe. Dari pojok beteng wetan ke arah timur, traffic light yang ke 4, pas pertigaan Gedong Kuning, belok kanan, sepanjang jln ini kalau pas lebaran biasanya sangat padat karena banyak pengunjungnya. Nah disebelah selatan RS Muhamadiyah timur jalan di situ ada Wawan Silver yang siap melayani anda dengan harga wajar. Ini rekomendasi saya....
8. Geplak

Geplak Bantul
Bagi mereka yang suka rasa manis, tetapi agak jauh dari kota, tepatnya di selatan perempatan Gose, Bantul ada warung mbok tumpuk yang terkenal dengan geplak Bantul dan peyek tumpuk. Peyek ini kontruksinya bertumpuk-tumpukan tetapi anehnya di tengah tetap matang, enak gila. Coba saja kalau enggak percaya.
9. Kerajinan Gerabah

Gerabah Kasongan
Pusatnya ada di dusun Kasongan, Bantul. Dari perempatan Ringroad dengan Jl Bantul masih satu traffic light lagi ke arah selatan, belok kanan masuk dusun Kasongan. Gapura yang cukup besar dengan berbagai hiasan dari gerabah sudah kelihatan menjemput anda di pintu masuk dari Jl Bantul. Berbagai kerajinan dari tanah liat tersedia di sini. Disamping itu ada juga handycraft dari kayu maupun kulit.
10. Kerajinan Kulit

Sentra kerajinan kulit ini ada di dusun Manding, Bantul. Kawasan ini terletak di perempatan Jl Parangtritis dengan dusun Manding.Kalau dari arah utara belok ke kanan, langsung sudah sampai pada deretan toko yang memajang sepatu,jaket kulit, tas kulit, ikat pinggang, sarung tangan dan sebagainya.

Akhirnya kami mengucapkan selamat berbelanja saat mudik ataupun berkunjung ke Yogyakarta. Mudah-mudahan Yogya tetap membuat hati anda nyaman dan aman.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling