Pasar Unik di Yogyakarta

Pasar Malioboro. 

Sebenarnya ini adalah Jl Malioboro. Sepanjang jl ini memang hampir 24 jam tidak pernah tidur. Karena dari pagi sampai malem sekitar jam 21.00 WIB toko dan pedagang kaki lima di sepanjang jalan itu tutup dilanjutkan lesehan berbagai makanan khas Yogya. Sekali lagi kami ingatkan untuk hati-hati apabila jajan di warung lesehan sepanjang jln ini karena sudah banyak keluhan harga makanan mencekik leher. Oleh karena itu sebelum makan ada baiknya tanya dahulu harga makanannya per porsi sehingga anda bisa makan dengan tenang dan tidak kaget waktu hendak membayarnya.

Pasar Klithikan

Ini adalah pasar yang menyediakan onderdil sepeda motor dan mobil. Namun ada juga tools untuk bengkel, pertukangan, elektronik second dan sebagainya. Pasar Klithikan ini telah disentralkan di Wirobrajan. Dahulu sebagain besar mangkal di Jl Pangeran Mangkubumi (Jl Malioboro sisi utara, dekat Tugu), ada juga yang dahulu mangkal di sekitar Alun-alun Kidul. Pasar ini buka sampai malam. Dan suasanya enak juga untuk wisata keluarga sambil mencari peralatan rumah tangga anda. Pandai-pandailah menawar dan menaksir harga barang, akan lebih baik apabila anda sudah menganthongi nama barang yang hendak dicari maupun harga pembandingnya supaya tidak keblondrok.

Pasar Burung

Pasar burung adalah pindahan dari Pasar Burung Ngasem mengingat situs yang ada di sekitar Ngasem hendak dihidupkan untuk pariwisata sebagai penunjang kepopuleran Taman Sari. Pasar ini sekarang dipindah di Jl Bantul, utara perempatan Ringroad dengan Jl Bantul, Kampung Dongkelan, Bantul Yogyakarta, sisi sebelah timur jalan. Suasananya enak juga untuk wisata keluarga sambil melihat berbagai macam jenis burung ocehan.

Pasar Tanaman Hias

Pusat jual beli tanaman hias ini disebut Pasty ada di sebelah barat Pasar Burung. Sisi sebelah barat jln adalah pasar tanaman hias dan sisi sebelah timur adalah pasar burung. Klop sekali untuk tamasya keluarga, disamping bisa mencari tanaman hias, menyeberang jalan sebentar bisa melihat-lihat 
aneka macam burung.

Nah para pembaca yang budiman, kalau anda mudik ke Yogya atau kebetulan berkunjung ke Yogyakarta, tak ada ruginya menyempatkan diri beberapa jam untuk singgah di pasar-pasar unik yang ada di kota Yogya tercinta ini. Dan selalu kami katakan, semoga Yogya tetap nyaman di hati anda. Nuwun dan salam hangat dari Yogya yang berhati nyaman.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling