Obat flu herbal sehabis capai mudik

Begitu tubuh sedang drop karena perjalanan jauh saat mudik, kurang istirahat maka virus flu yang konon jumlahnya mencapai 200 lebih mampir di dalam tubuh kita. Biasanya yang dihinggapi pertama-tama adalah anak-anak mengingat daya tahan tubuhnya yang paling lemah dari pada para dewasa. Flu, batuk-pilek yang disertai demam begitu dekat dengan kita. Dalam waktu 1 - 2 hari saja langsung muncul peradangan pada selaput lendir hidung maupun tenggorokan. Kalau sudah timbul gejala seperti bersin-bersin, radang tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, badan lesu, demam, sakit kapala dan nyeri sendi, itu positip flu menyerang kita.

Apabila terserang flu hanya sebatas kecapaian sehabis mudik, penderita cukup istirahat total, makan makanan bergizi yang mengandung penawar flu seperti jeruk nipis, buah dan sayur, jamur shiitake/hioko dan sup ayam panas. Niscaya dalam 2 - 3 hari setelah daya tahan tubuh meningkat, tubuh akan sehat kembali.
  • Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia, Swingle)
Jeruk Nipis & Madu
Kita tahu bahwa jeruk nipis bisa untuk obat flu herbal dari mulut ke mulut. Ada yang meminumnya dengan madu dan ada pula yang mencampurnya dengan kecap manis. Besar kemungkinan khasiat mengusir batuk-pilek karena jeruk banyak mengandung vitamin C serta mengandung senyawa flavonoid yang sifat antioksidannya sangat kuat sehingga virus batuk-pilek ditendang pergi. Campuran madu lebih dianjurkan ketimbang kecap manis mengingat madu memiliki sifat antiseptik dan ekspektoran yang semakin membantu melegakan iritasi tenggorokan dan mengeluarkan dahak.
  • Buah dan Sayur
Setelah sampai di rumah sehabis perjalanan mudik yang mengesankan, mampirlah dahulu ke toko buah dan sayur untuk membeli sayuran seperti daun singkong dan buah pepaya, sirsat, jeruk yang kaya akan vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan batuk-pilek. Sehingga anda terhindarkan dari keparahan dan mempersingkat gejala batuk-pilek. Kita ingat bahwa vitacim C pada buah dan sayur mempunyai efek antihistamin yang sangat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat.
  • Jamur Shiitake/Hioko (Lentinula Edodes (Berg.), Pegler)
Di Indonesia, khususnya masyarakat Tionghoa sudah sangat mengenal jamur ini. Mereka sering menyebutnya jamur hioko atau jamur shiitake. Dalam kondisi kering jamur ini berwarna coklat kehitaman dan mudah didapat di pasar tradisional maupun swalayan, tetapi yang kondisi basah hanya ada di swalayan. Jamur ini berkhasiat karena mengandung polisakarida lentinan yang sangat membantu mengatasi batuk-pilek. Selain itu mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga flu enggan mampir.
  • Sup Ayam Panas
Sup Ayam Panas
Kita sering menerima anjuran kalau sedang flu makan saja sup ayam panas. Anjuran ini ada benarnya mengingat sup ayam mudah dicerna dan membuat tubuh terasa lebih enak. Sup ayam mengandung sistein yang iberkhasiat mengencerkan dahak di paru-paru sehingga mudah dikeluarkan. Apalagi saat membuat sup ayam dicampur dengan wortel dan buncis di dalamnya. Kedua sayuran ini mengandung vitamin A yang akan meningkatkan metabolisme sehingga daya tahan tubuh semakin meningkat.


Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling