Trik Menyiapkan Makan Sehat

Makan yang sehat dimulai dengan perencanaan yang cermat dan terorganisasi. Sejak produk segar memiliki kehidupan paparan yang sangat terbatas, maka belanja rutin menjadi suatu keharusan. Membuat menu untuk seminggu dan menulis daftar belanja akan menghemat waktu, uang, dan dapat membantu Anda tetap hidup dengan resep sehat.Oleh karena itu toko makanan kesehatan dan pasar tradisional merupakan solusi yang sangat bijaksana. Apalagi ditambah dengan mengikuti demo masak secara sehat, membaca majalah kesehatan herbal, mengikuti seminar dan sebagainya hingga memungkinkan Anda memperluas wawasan kuliner Anda serta berbaurlah dengan orang-orang pemerhati kesehatan terkait lainnya.

Makan yang sehat berarti menggunakan bahan-bahan segar dan metode memasak secara benar (tidak over heating) tanpa perlu menambah bahan buatan dan lemak. Jadi, makan sehat membutuhkan banyak memasak sebab saat ini kalau anda membeli makanan di restoran fast food  bisa dipastikan makanan mengandung terlalu banyak lemak halus dan bumbu buatan. Namun, dengan peralatan modern, Anda akan menemukan memasak yang tidak lagi merupakan tugas menjengkelkan. Saat ini telah disediakan acara-acara khusus tentang memasak secara sehat, misalnya demo masak dengan panci presto Fissler, dan ini merupakan bagian yang menarik dari kehidupan sehari-hari.

Jadi produk apa yang harus kita beli ketika kita benar-benar memutuskan untuk mulai makan makanan sehat? Inilah yang daftar belanja mingguan yang harus anda siapkan.

Sayuran. 
Semua bahan sayuran harus dipilih yang masih muda, sehingga masih lembut dan tidak kasar. Sayuran yang baik adalah sayuran yang  dibeli dari pasar makanan segar atau pasar petani musiman, maupun pasar tradisional. Biasanya sayuran dijual dalam kotak atau keranjang. Memang supermarket sayuran tersedia lengkap tetapi sering genetiknya sudah berubah atau telah matang dalam kotak ketika melakukan perjalanan jarak jauh dari petani. Tauge dan sayuran berwarna cerah berisi vitamin yang paling bagus dan penuh antioksidan.

Buah-buahan
Sekali lagi, lakukan trik untuk membeli buah-buahan musiman, karena buah eksotis telah sering melakukan perjalanan jarak jauh dan matang dalam kotak-kotak mereka, bukan masak di pohon. Buah lokal dijamin lebih alami apalagi kalau matang dipohon, lebih baik lagi, buah organik adalah pilihan terbaik untuk kita yang sadar akan kesehatan.

Herbal.
herbal aromatik dan rempah-rempah dapat digunakan segar atau kering. Ide terbaik adalah tanaman herbal aromatik dalam pot di jendela sehingga Anda dan dapat menggunakannya dalam kondisi segar kapanpun Anda butuhkan. Untuk mempertahankan rasa, Anda dapat membeli rempah-rempah utuh dan menggunakannya baru digiling.

Keju. 
Meskipun keju cukup kaya akan lemak, keju merupakan sumber vitamin dan mineral. Lebih baik membeli keju segar dalam jumlah secukupnya dan dihabiskan sekaligus saat memasak, karena keju tidak memiliki kehidupan simpan yang panjang.

Telur.
Beli hanya telur organik atau buras, dan pastikan telur dengan diteropong sebelum membeli untuk memastikan kesegarannya. Saat ini tidaklah mudah mencari telur buras yang benar-benar sehat.

Ikan dan kerang.
Cara terbaik untuk mendapatkan bahan ini adalah dengan membeli ikan segar dan dalamkondisi unfrozen. Sekali lagi, sebagian besar ikan di supermarket berasal dari tambak ikan di mana ia makan dengan zat buatan, dan ikan ini tidak dapat digunakan dalam resep sehat. Pink salmon, bandeng, lele, gurami dan jenis ikan populer lainnya kemungkinan besar berasal dari sebuah peternakan ikan. Kerang adalah pilihan yang lebih sehat, karena tidak tinggal di kimia air tercemar.

Daging. 
Untuk keperluan makan benar-benar sehat lebih baik untuk melewati daging sama sekali, karena hampir mustahil untuk menemukan daging yang berasal dari lingkungan dan petani yang sadar kesehatan. Sebagian besar daging di supermarket memiliki jumlah besar hormon pertumbuhan dan antibiotik. Daging terbaik untuk digunakan dalam resep-resep sehat berasal dari masyarakat petani kecil atau pertanian organik dimana ternak mereka diberi makan bukan berasal dari pabrik makanan ternak.

Biji-bijian.
gandum utuh dan gandum harus menjadi pokok dari rutinitas makan sehat Anda, karena banyak bahan yang sehat terkandung dalam kulit gandum. Padi merupakan satu-satunya pengecualian dari aturan tersebut, karena, meskipun kulit gabah sudah dikelupas saat proses penggilingan padi, masih banyak unsur gizi tetap berada dalam beras.

Pola makan sehari-hari yang kita terapkan terbukti berpengaruh besar pada kesehatan. Oleh karena itu buatlah dapur menjadi titik awal untuk kebiasaan baru akan makan sehat, dan mulai sekarang nikmatilah untuk menyiapkan makanan sehat.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling