Es Degan

Air degan (kelapa muda) bukan hanya segar dan mampu mengobati dahaga tetapi juga mengandung isotonik alami yang mampu mengembalikan stamina serta cairan tubuh yang hilang. Daging buah kelapa muda yang berwarna putih, rasanya gurih, lembut dan lezat itu ternyata merupakan sumber serat yang baik. Satu buah kelapa muda rata-rata mengandung 3 gram serat makanan yang membantu dan melancarkan pencernaan.

Tidak usah kawatir dengan lemak, karena berbeda dengan kelapa tua yang banyak mengandung lemak, kelapa muda masih rendah lemak. Mengapa demikian? Karena kadar airnya yang tinggi itulah hingga lemaknya menjadi rendah, yaitu hanya sekitar 0,9 gram lemak per 100 gram daging kelapa muda.

Air kelapa muda disebut sebagai isotonik alami karena komposisinya yangsangat mirip dengan cairan tubuh manusia, dikategorikan bersih dan steril karena letaknya yang terlindung oleh tempurung (batok) yang keras dan juga sabut kelapa yang tebal. Inilah yang membebaskannya dari kontaminasi baik phisik maupun kimia.
 
Kelapa muda mengandung banyak vitamin C, semua jenis vitamin B kompleks (kecuali vitamin B6 dan B12), juga kaya akan mineral seperti kalium, kalsium, magnesium dan natrium. Sudah sering kita sebutkan bahwa vitamin C berperan sebagai antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh dan vitamin B kompleks dapat membantu mencerna karbohidrat dan protein menjadi energi serta mendukung fungsi sistem syaraf. Mineral kalium dan magnesium bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskuler  termasuk membantu menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, mengatur denyut jantung, mencegah stroke dan menurunkan pembentukan batu ginjal.

Tahukah anda bahwa air kelapa muda mengandung elektrolit dalam jumlah tinggi? Bahkan kandungan elektrolitnya jauh lebih tinggi dari minuman isotonik manapun. Kandungan elektrolit ini berguna untuk menggantikan mineral dan ion tubuh yang hilang melalui keringat sewaktu berolah raga atau bekerja. Oleh karena itu air kelapa muda cocok untuk mengobati dehidrasi akibat diare atau olah raga yang berlebihan. 
 
Dan yang lebih nendang adalah rasa manis dari air kelapa muda itu berasal dari glukosa yang mampu berperan sebagai sumber energi dimana langsung bisa digunakan oleh tubuh tanpa harus dicerna, karena itu pasien yang baru sembuh dari sakit berat sangat dianjurkan untuk minum air kelapa muda guna memulihkan tenaganya.


Dan yang lebih edan lagi, dalam kondisi darurat (perang atau di pedalaman), seorang dokter bisa saja menggunakan air kelapa muda yang steril,punya efek isotonik dan nilai ph nya mirip dengan plasma darah, untuk cairan infus yang langsung ditransfusikan kedalam tubuh. Mengingat bahwa darah manusia terdiri dari 55 % plasma, maka minum air kelapa muda bisa diibaratkan melakukan transfusi darah instan.

Khasiat lainnya yang tak kalah hebatnya adalah pada kemampuannya untuk menetralkan racun dari dalam tubuh. Ini sangat cocok pada kasus keracunan makanan, logam berat maupun alergi (efek samping) dari suatu obat. Air kelapa muda mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai anti virus, bakteri dan jamur serta berperan untuk meningkatkan sistem imunitas.

Masih ada lagi, air kelapa muda juga mempunyai efek diuretik sehingga dapat memperlancar buang air kecil dan mencegah pembentukan batu ginjal. Wajarlah kalau sehabis minum jus degan anda sering pipis.

Menurut Dr Eugenio Macalalag, direktur Departemen Urologi dari Chinese General Hospital, Filipina, minum air kelapa muda sebanyak 2 - 3 kali seminggu dapat mengurangi ukuran batu ginjal sehingga tidak perlu operasi.

Menurut Dr Bruce Fife, ahli gizi dan naturopati yang menjabat sebagai direktur Coconut Research Centre Amerika, air kelapa muda mengandung cytokinin, yaitu hormon pertumbuhan yang berperan meremajakan kembali sel dan mencegah proses penuaan. Cucilah muka dengan air kelapa secara teratur setiap hari,maka jerawat, kulit kering, noda hitam, kerutan pada wajah akan hilang, dan wajah tampak akan berseri.

Apakah anda pernah mendengar bahwa air kelapa muda hijau sangat baik bagi ibu yang sedang hamil? Bukti ilmiahnya memang belum ada tetapi berkembang kepercayaan bahwa air kelapa muda hijau akan memperlancar proses persalinan dan anak yang dilahirkannya akan mempunyai kulit yang putih dan mulus.

Banyak sekali bukan khasiatnya? Nah supaya rasa segarnya kedapat dan khasiatnya terasa, sering-seringlah minum es degan atau es kelamud.

(diambil dari berbagai sumber)
 
 

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling