Jus Sirsak

Sirsak nama latinnya Annona Muricata, di Indonesia ada juga yang menamai nangka belanda. Kulit buahnya berwarna hijau, berduri pendek tidak terlalu keras. Daging buahnya berwarna putih dan biasanya berisi biji cukup banyak. Buah ini dipercaya dapat mengurangi penderitaan gout (kelebihan asam urat). Pasalnya, menurut perkiraan para ahli herbal, khasiat sirsak ini berkat tingginya kalium yang merangsang kerja ginjal sehingga kelebihan asam urat dapat dikeluarkan. Dan lebih jos lagi sirsak kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan dan mampu menghambat produksi enzim xantin oksidase pembentuk asam urat.

Menurut Leibniz Institute of Plant Biochemistry,sirsak mengandung alkaloid isoquinolin yang memiliki sifat analgesik (mengurangi rasa sakit) yang kuat. Itulah mengapa nyeri sendi bisa berkurang karena sifat analgesik ini.

Kandungan vitamin C nya cukup tinggi membuat sirsat sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat lainnya sirsat mampu merangsang nafsu makan, mengatasi sembelit dan asam urat. Belakangan baru tersebar berita yang mencengankan bahwa sirsak dapat membunuh kanker tanpa efek samping. Bacalah related link dibawah artikel ini (kutipan dari milis tetangga).

Buah ini sekarang juga banyak dicari. Kalau pas tidak musim cukup sulit dijumpai di pasar tradisional. Saat ini harga per Kg mencapai Rp 8.000,00. Dan saat ini di Yogya lagi musim, cari saja di supermarket, pasar-pasar tradisional atau juga ada di warung buah dipintu jalan hendak masuk ke UNY (kolam renang) Yogya, Jln Karangkajen sisi utara (barat jalan) atau warung buah selatan perempatan Ringroad dan Jl Imogiri. Apabila tidak mau repot-repot kita beli saja Jus sirsak di warung sup buah yang mangkal di Jl Taman Siswa Yogya (dekat kampus Taman Siswa). Anda cukup mengeluarkan uang Rp 5.000,00 se plastik dan sesampai dirumah bisa dipindah menjadi 4 gelas. Sedap, alami dan menyehatkan. Cobalah sendiri.

Sirsak ternyata bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan pengobatan. Berbagai manfaat buah sirsak dipercaya bermanfaat untuk terapi. Sirsak bisa untuk pengobatan batu empedu, asam urat dan meningkatkan nafsu makan.

Dr. Rizali H. Nasution menjelaskan, sirsak memiliki kandungan vitamin yang lengkap, mineral, protein, juga karbohidrat (pati). Buah ini dipuji juga karena kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor yang tinggi. Seratnya yang tinggi sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.
Kandungan nutrisi buah sirsak memang cukup banyak. Dalam setiap 100 gram buah, terdapat Energi 65,00 kal, zat besi 0,60 mg, protein 1,00 gr, vitamin A 1,00 RE, lemak 0,30 gr, vitamin B1 0,07 mg, karbohidrat 16,30 gr, vitamin B2 0,04 mg, kalsium 14,00 mg, vitamin C 20,00 mg, fosfor 27,00 mg dan nacin 0,70 mg, Serat 2,00 gr (Sumber www.tribunenews.com, 20/09/2011)

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling