Local Transportation in Yogyakarta

Andong Yogya
1. Andong (Dokar)

Di Yogyakarta itu namanya, tapi kalau anda sebut Kereta Kuda juga dimengerti, anda sebut Delman juga boleh. Ini transportasi lokal yang relatif murah dengan route normal Kota Gedhe - Jl. Pramuka - Jl Perintis Kemerdekaan -  Jl. menteri Supeno - Jl. Brigjen Katamso - Jl KH A Dahlan - Malioboro PP (Pulang Pergi). Namun bisa saja anda carter kemanapun anda suka di dalam kota Yogyakarta, asal jangan di carter ke Gunung Merapi karena dijamin kudanya akan mati lemas.

2. Becak

Becak Yogya
Kalau di kota lain becak diuber-uber untuk dibuang kelaut sebagai rumah terumbu karang, di Yogyakarta aman tentram menyatu dengan nafas pariwisata Yogyakarta. Bahkan eksistensinya dilindungi oleh Sri Sultan. Jangan anda remehkan profesi ini karena ada beberapa orang yang fasih berbahasa Inggris akibat terbiasa melayani turis backpacker yang stay di Prawirotaman dan bahkan ada yang mempunyai account Facebook guna menjemput pelanggannya, huebat bukan? Namun banyak juga yang bego karena pada suatu saat pernah saya misuhi sie tukang becak karena menyerobot jalan, "dasar guoblog!", jawabnya kalem saja sambil nggenjot pedal becaknya "kalau pinter sudah jadi anggota dewan Mas..." Bikin mules perut bukan?

3. Taxi

Taxi Mobil
Di Yogya sudah ada taxi mobil yang berupa mobil Toyota Avanza yang cocok untuk keluarga besar keliling kota. Jangan kawatir, taxi dalam bentuk sedan juga masih banyak dan banyak juga tidak menggunakan argo tetapi istilah mereka borongan sampai di tempat tujuan.

4. Taxi Motor
Taxi Motor
Mungkin di tempat lain disebut ojek, di sini lebih keren dengan sebutan taxi motor, warnanyapun seragam sehingga memang khusus untuk taxi. Namun tidak usah kawatir karena di tempat-tempat tertentu masih ada juga pangkalan ojek yang motornya tidak seragam.

5. Bus Transjogya
Angkutan umum ini menghubungkan berbagai tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Saat ini kondisi bisnya masih bagus, nyaman dan relatif murah. Tempat seperti Kebun binatang Gembira Loka, Kota Gedhe, UGM, Tugu, Malioboro, Purawisata dan Taman Pintar dilintasi oleh bis ini.

6. Rent Motor cycle & bicycle

Bicyle rent
Biasanya yang senang menyewa sepeda motor atau sepeda onthel adalah para turis dari manca negara. Akan tetapi kalau anda hendak menyewa juga tidak dilarang. Persewaaannya ada di kawasan Sosrowijayan dan Prawirotaman.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling