Pengalaman Kencangkan Rantai Motor

Anak perempuanku sms menginformasikan bahwa rantai motornya kendor, dia ketakutan kalau sampai putus rantainya mengingat kisah sedih temannya yang rantainya putus saat berangkat sekolah sehingga mesti menuntun ke bengkel terdekat,menunggu bengkel buka dan membuat ia stress tidak bisa mengikuti pelajaran.

Hai, kau pikir bapakmu seorang mekanik? Tapi nggak apalah, anak polah bapa pradah. Biar hatimu tenang, dan ini sangat penting untuk membuat hati anak perempuanku tenang. Okay anakku, besok minggu akan bapak kencangkan rantainya. Aku pikir apa sih susahnya mengencangkan rantai sepeda motor.


Benar, sehabis pulang gereja minggu pagi sambil menunggu waktu untuk kerja bakti menyambut 17 an Hari Ulang Tahun RI yang ke 65,mengingat peralatan untuk membuka roda belakang yaitu kunci ring-pas kita ada 1 set, maka saya beranikan diri untuk membengkel sendiri, toh hanya mengencangkan rantai.

Tetapi apa yang terjadi. Motar anak perempuanku roda belakangnya dengan rem cakram, bukan rem kanvas seperti motor tuaku. Begitu skrup as roda saya kendorkan kemudian skrup adjustable yang terletak diujung sapit urang roda saya putar 3 kali searah jarum jam (mengencangkan) sehingga rantai ketarik kebelakang, terus skrup as roda kembali saya kencangkan kembali, hasilnya roda seret saat saya putar. Aku perhatikan baik baik, cek sana cek sini sambil berpikir keras, tak juga ada solusi untuk melancarkan putaran roda belakang yang seret itu. Apa salahku?

Belum juga kutemukan solusi atas seretnya roda belakang motor anak perempuanku kudengar kenthongan panggilan kerja bakti sudah dipukul, busyet dah. Dan Pak Tono tetangga sebelah rumah sudah muncul di beranda rumah tempat saya menservis motor. Tetapi yang justru tidak saya sangka adalah penyelesaian masalah roda belakang motor anak perempuanku yang seret ini dia pecahkan dengan mudahnya. Anda perlu tahu bahwa Pak Tono ini profesinya sebagai driver.

Logika logisnya begini. Rantai yang diputar oleh gear belakang terletak dalam satu garis lurus dengan gear depan. Oleh karena itu disk rem cakram harus sejajar dengan garis itu. Untuk mensejajarkannya dengan cara menyetel adjustable skrup pada ujung sapit urang. Nah sekarang kita tinggal memutar adjustable skrup itu, gampang bukan? 
 
Para pembaca yang baik hati, sekarang saya menjadi tahu cara mengencangkan rantai motor yang roda belakangnya terpasang rem cakram, anda bisa datang ke rumah saya apabila rantainya kendor, cukup bayar ongkos pengencangan Rp 5.000 saja tapi hanya buka pada hari minggu saja, ha...ha...

Coba dipikir baik-baik. Orang sekarang begitu mudah bisa beli motor & mobil, kreditpun disodor-sodorkan dengan agresif, tetapi sebagain besar orang itu seperti saya, tidak bisa bengkel oleh karena itu masih terbuka peluang untuk buka bengkel motor disekitar rumah anda, asal bersedia kotor kena oli dan gemuk, kursus untuk menjadi mekanik yang handle pun gampang ditemukan, tinggal keberanian kita untuk melangkah saja. Matur nuwun dan selamat mudik.

Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling