Museum Sonobudoyo Menjadi Berita

Museum Sonobudoyo akhir-akhir ini lagi menjadi berita karena ada beberapa koleksi museum yang pindah tempat sehabis dipamerkan di Bantul Expo yang berakhir tanggal 8 Agustus 2010 lalu. Kita semua terhenyak atas berpindah tempatnya koleksi museum yang tak bernilai itu dan yang lebih terhenyak adalah bahwa kita tidak mengetahui bahwa koleksi museum ada juga yang berbahan dari emas. Kelihatan bahwa kita jarang memperhatikan museum.

Namun biarlah kasus berpindah tempatnya koleksi museum yang sudah memasuki ranah hukum itu ditangani oleh Poltabes Yogya, Pemkot Yogya maupun instansi lain yang terkait. Kita tinggal menunggu hasil akhirnya saja.

Anda tahu tidak bahwa Museum Sonobudoyo terletak di Jln Trikora No. 6 Alun-alun Utara Yogyakarta. Museum ini diresmikan oleh Sri Sultan HB VIII pada tanggal 6 Nopember 1935. Sampai saat ini koleksi museum mencapai 43.263 buah yang terdiri dari benda-benda seni  dan kerajinan dari kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Koleksi itu telah diklasifikasikan menjadi 10 jenis, yaitu :
  1. Koleksi Geologika
  2. Koleksi Biologika
  3. Koleksi Etnografika
  4. Koleksi Arkeologika
  5. Koleksi Historika
  6. Koleksi Numismatika/Heraldika
  7. Koleksi Filologika
  8. Koleksi Keramologika
  9. Koleksi Seni Rupa
  10. Koleksi Teknologika

Fasilitas lain yang mendukung museum ini antara lain perpustakaan, gedung pertemuan, pergelaran wayang kulit durasi singkat setiap malam, tempat parkir kendaraan dan toilet.

Seiring dengan jumlah koleksi yang semakin banyak maka pemerintah memperluas ruang pamer di Museum Sonobudoyo Unit II yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1998. Museum ini terletak di Jl. Wijilan Yogyakarta dan menempati bangunan bekas tempat tinggal GKR Condrokirono istri KPH. Danurejo VIII, patih terakhir Kraton Yogyakarta. Wujud koleksi museum Sonobudoyo Unit II yang ada di Dalem Condrokiranan ini merupakan visualisasi Etnografi Daerah Istimewa Yogyakarta. Fasilitas penunjang lain yang mendukung antara lain Gedung Pertemuan,Mushola dan tempat parkir.

Nah, jika anda kepingin mengetahui lebih banyak tentang Yogyakarta di masa lampau, datanglah ke Museum Sonobudoyo. Selamat berwisata.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling