Jus Jambu Kluthuk Merah

Akhir-akhir ini popularitas jambu kluthuk (psidium guajava linn)  sedang naik daun, terutama berkaitan dengan khasiatnya yang bisa menaikkan kadar trombosit dalam darah, sangat pas bagi penderita demam berdarah yang kadar trombositnya akan mengalami petnurunan sampai hari ke lima. Disamping itu karena kandungan vitamin C dari jambu kluthuk  yang cukup tinggi sangat cocok untuk memperbaiki daya tahan tubuh, terlebih pada saat puasa sekarang ini, tenaga akan cepat pulih setelah lesu, lemas, lelah akibat puasa sepanjang hari.

Sebenarnya ada 2 jenis jambu kluthuk, yaitu jambu kluthuk putih dan merah. Dari kedua jenis itu yang dipercaya dapat meningkatkan trombosit adalah jambu kluthuk merah. Memang khasiat jambu kluthuk merah yang mampu meningkatkan kadar trombosit dalam darah itu belum terbukti secara ilmiah, tapi yang jelas jambu kluthuk merah kaya akan vitamin C, bahkan melebihi jeruk sekalipun.

Hasil penelitian dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan juga Fakultas Kedokteran dan Farmasi Universitas Airlangga Surabaya pada tahun 2003 menunjukkan bahwa daun jambu kluthuk tua yang mengandung tanin dan flavonoid yang disebut quersetin berkhasiat menghambat virus dengue. Setelah diberikan kepada hewan coba, mereka mempraktekannya pada pasien di sejumlah rumah sakit di Jawa Timur. Hasilnya, ekstrak jambu kluthuk dalam bentuk kapsul maupun sirup mempercepat kenaikan trombosit tanpa efek samping yang berarti (Food Cures 1, 2008)

Saat ini sudah jarang jambu kluthuk dikonsumsi dalam bentuk buah langsung dimakan, karena sudah banyak kreasi makanan yang berbahan dasar jambu kluthuk seperti setup jambu, jus buah, puding jambu kluthuk merah dan sebagainya. Di berbagai pasar tiban Ramadhan di daerah Yogya yang paling banyak dijumpai adalah jus jambu kluthuk merah, kemasan 1 gelas plastik cukup dihargai Rp 1.500,00. Relatif murah dibanding dengan khasiat maupun kalau kita membuatnya sendiri. Hanya perlu diperhatikan bahwa akan lebih baik bila segera diminum segar sesaat setelah dibuat supaya vitamin C nya tidak hilang akibat teroksidasi udara sekitar.

Besar kemungkinan karena jambu kluthuk merah kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa flavanoid dimana sifat antioksidannya sangat kuat,bisa mendepak virus selesma (batuk pilek) dari tubuh kita.Nah,mulai sekarang rajin-rajinlah minum jus jambu kluthuk merah yang penuh khasiat dan tanpa efek samping itu. Selamat mencoba.

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling