Why my bussiness running well

Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan supaya usaha itu berjalan lancar. Semua aspek sama bobotnya dan saling menopang satu dengan lainnya.Aspek itu adalah 4P atau P4 yaitu product, price, plan to delivery dan promotion.Kalau hendak memutus siklus bisa saja diambil urutan berdasarkan waktu kegiatannya, misalnya membuat sample product, menghitung harga, mengirimkan sample, dan kemudian promosi. Atau urutannya dibuat berbeda, silahkan saja tak ada salahnya.

1. Product, quality and taste

Tanggal 9 Agustus 2010 besok kalau ditarik mundur sebanyak 100 hari, maka itu merupakan hari dimana Ibu Syamsumarni dipanggil Tuhan. Pada saat itu jam 05.00 wib dimana seperti biasanya Ibu Sumarni naik sepeda hendak pergi ke Gereja kidulLoji. Sampai di Jl Brigjen katamso (di depan Bank Danamon) dia menuntun sepeda hendak menyeberang dari arah timur ke barat,  pas di tengah jalan, sebuah sepeda motor Yamaha Visio 150 CC yang dikendarai seorang muda berboncengan dengan kecepatan tinggi menabraknya dan menyeretnya sejauh 15 meter. Sebuah benturan keras sangat mengejutkan masyarakat sekitar situ dan tak lama kemudian masyarakat berbondong-bondong menolong Ibu Sumarni yang luka parah untuk dilarikan ke RS Bethesda Yogyakarta, tetapi Tuhan berkehendak lain, jiwanya tidak tertolong dan menghembuskan nafas terakhir sebelum sampai rumah sakit.

Ibu Syamsumarni adalah sosok ibu yang fair, terbuka, tidak sombong, baik hati dan ramah. Belum genap 2 tahun kami pindah di kampung Dipowinatan, dia sudah sangat akrab dengan keluarga kami.Dia pulalah yang mendorong,mengajak istriku untuk menitipkan ayam presto (nasi + ayam presto) di kantin gereja Kidul Loji, Kotabaru maupun Pugeran. Berminggu-minggu rutinitas penitipan ini berjalan lancar dan bahkan semakin berkembang dengan adanya pesanan dari orang-orang yang pernah membelinya di kantin gereja.

Namun saat ini tinggal kenangan. Orang yang baik hati begitu cepat meninggalkan kita. Bahkan meski sudah meninggalkanpun masih memesan ayam presto lewat putri satu-satunya untuk mengenang 40 harinya. Kini untuk mengenang 100 hari wafatnya kembali memesan 200 dus nasi + ayam presto dan ditambah 33 dus ayam utuh. Tentu ini bukan pekerjaan ringan bagi kami. Kepercayaan untuk pesan ayam presto lagi kepada kami mrupakan berkah yang patut kami syukuri. Reputasi ini harus kami jaga sebaik-baiknya mengingat bahwa proses pemesanan itu berdasrkan taste anak putrinya dan beberapa kerabatnya yang sudah pernah merasakannya. Rupanya taste ayam presto kami sesuai dengan lidah mereka sehingga ada kerinduan untuk melakukan repeat order.Ini merupakan point penting bagi sebuah produk olahan seperti ayam presto.

2. Price

Bagi produk yang dijual lokal seperti ayam presto kami, tidaklah terlalu sulit untuk menjelaskan murah atau mahalnya produk kami karena hampir setiap konsumen mengetahui berapa harga bahan baku ayam dipasar. Apalagi menjelang lebaran seperti ini, harga daging ayam mirip harga saham tetapi dengan trend naik (bullish).Pengusaha gurem yang masih amatiran seperti kami lebih memilih strategi win-win solution dalam menentukan harga, artinya kami membuka harga sesuai kondisi pasar, semua komponen biaya di-open, bahkan lebih sering ditentukan bersama secara musyawarah, rembugan, negotiable, asal kedua pihak bisa berjalan lancar.Karena masing-masing mengetahui persis komponen bahan maupun harga serta perhitungannya. Terkadang dengan selisih harga Rp 25 atau Rp 50 seorang konsumen bisa berpindah tempat.Oleh karena itu sebelum kita mempunyai streng-point, yang bisa mengatur atau mendikte pasar, maka strategi win-win solution adalah pilihan yang paling mujarab untuk menggaet calon konsumen.

3. Plan to delivery, scedule must be on time

Pesanan ayam presto diantar dan disajikan pada waktu yang jelas, tidak bisa mundur, titik. Acara sembahyangan (40 hari,100 hari, atau 1000 hari menghadap Tuhan), arisan, ulang-tahun dan semacamnya adalah acara yang terskedul dan tidak ada ruang kompromi untuk mundur, on time. Oleh karena itu persiapan peralatan dan tenaga kerja harus mantab dan matang.

4. Promotion

Benar sekali kata teman, promosi yang paling mujarab adalah dari mulud ke mulud, karena disana ada ikatan emosi, rasa dan percaya.Bukannya meremehkan website, tetapi promosi disitu belum merupakan target yang harus dikejar bagi kami.Pilihan promosi diwebsite lantaran ada fasilitas gratis saja pertimbangannya.Promosi yang sesuai dengan kami sebagai usaha rumahan adalah brosur (leaflet), kartu nama, spanduk di depan warung, iklan baris di surat kabar terdekat. Sebetulnya banyak wacana yang bisa diikuti untuk promosi seperti bazar, pasar murah, pameran pembangunan dan sebagainya. Setiap pilihan harus dikaji secara mendalam baik dari segi biaya promosi maupun target audience nya, supaya dua-duanya tepat sasaran.

5. Kesimpulan.

Jelas bahwa supaya bisnis bisa berjalan smooth, artinya produk/jasa sampai kepada end-user/buyer dibutuhkan 4 aspek, yaitu 4P atau P4,Product,Price,Plan to delivery dan Promotion. Setiap aspek saling menopang tidak ada yang lebih penting tetapi semua penting. Suatu keuntungan dari produk olahan yang bersifat made by order seperti ayam presto adalah setiap purchase order (pemesanan) disertai down-payment (uang muka, bisa sampai 50%) dan lunas setelah diantar pesanannya, tak pernah dihutang. 

Komentar

Artikel Populer

Karet Gelang Panci Fissler Rusak

Cooking Class Hakasima di Rm Cobra Yogya (Product)

Panci Presto Fissler Berganti Menjadi Sizzling